Komunitas Mengajar: Mewujudkan Keceriaan dari Anak-Anak Kampung Pemulung

Gambar 1 : Pertemuan Terakhir
 HMIMIPA, Malang --- Malang diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam belajar. Di hari terakhir kegiatan belajar anak-anak yang datang cukup banyak dari biasanya dan sangat ceria.

Kegiatan yang rutin ini, dilaksanakan setiap hari Minggu sore pukul 15.00, bertempat di rumah belajar Kakek Aboe daerah Sukun, Jalan Tanjung Putra Yudha I. Adapun kegiatan belajar minggu ini adalah Literasi “Membaca dan Menulis Dasar”. Walaupun cuaca di malang sempat diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam belajar.

Komunitas Mengajar adalah salah satu program kerja dari departemen Keprofesian di bidang KPP. Dimana komunitas ini bertujuan untuk mewadahi kader HMI MIPA UM yang memiliki minat mengajar. Selain itu, masyarakat umum juga dapat ikut bergabung di komunitas ini.

Gambar 2 : Pertemuan 1 "Sejarah Nabi dan Pahlawan"


Gambar 3 : Pertemuan 2 "Literasi: Membaca Cerita Rakyat"

Komunitas Mengajar Belajar Bersama (KMB2) yang di koordinatori oleh Aldo Purnama Tundan ini, bertempat di rumah belajar Kakek Aboe daerah Sukun, Jalan Tanjung Putra Yudha I yang dilaksanakan setiap satu pekan sekali di hari Minggu sore pukul 15.00. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak SD di sekitar Kampung Pemulung. Tercatat per bulan tanggal 16 Oktober jumlah anak yang hadir ada 25 orang, dan dari google formulir Pendataan Kemampuan Mengajar (data pengajar) terdapat 49 orang yang mengisi.

                                        
                                      

“Dengan terselenggaranya kegiatan rutin setiap Minggu ini, kader HMI MIPA UM yang memiliki minat mengajar dapat menambah pengalaman dan wawasan mereka dalam mengajar, serta untuk masyarakat umum pun demikian. Dari kegiatan ini, harapannya adalah semoga anak-anak yang masih kurang mendapatkan fasilitas pendidikan, bisa merasakan hal yang serupa dengan teman-teman lainnya” tutup Aldo.

                                       
                                           

Post a Comment